Sabtu, 29 Januari 2011

Proposal Seminar My Potency/Dream Career


PROPOSAL
DREAM CAREER:
FIND YOUR DREAM CAREER

DREAM CAREER: FIND YOUR DREAM CAREER Merupakan sebuah program tentang bagaimana menemukan karier yang dahsyat dengan cara sederhana, mudah dan menyenangkan. Program ini telah berjalan sejak 2003 dengan jumlah peserta ribuan yang tersebar di beberapa provinsi. Selain itu juga program ini telah dibukukan dengan judul MY Potency: Bagaimana Menemukan dan Mengelola Potensi Diri yang diterbitkan Elex Media Komputindo pada Februari 2008 dan MY DREAM CAREER yang diterbitkan oleh ELex Media Komputindo pada Maret 2011.


Endra K. Prihadhi



PENGANTAR
”Hanya sekitar 30 persen kesempatan kerja yang tersedia terisi oleh tenaga kerja yang sesuai dengan pendidikannya.” Begitu berita yang dimuat pada harian umum Kompas 25 Maret 2009. Ini berarti sekitar 70 persen tenaga kerja yang ada tidak sesuai dengan jurusan yang diambil.

Mungkin bagi kita ini sesuatu hal yang lumrah dan biasa di Indonesia, karena hampir setiap instansi dan jenis pekerjaan memiliki tenaga kerja yang ”salah jurusan”. Yaitu tidak sesuainya antara posisi dengan jurusan yang diambil. Juga pada tataran tiap tingkatan setiap pekerjaan. Hal ini sudah berlangsung cukup lama dan entah sampai kapan ini akan terus terjadi.

Fenomena ini tidak bisa dibiarkan berlarut-larut. Ada efek negatif yang bisa ditimbulkan dalam fenomena ”salah jurusan”. Diantaranya, jika dilihat dari aspek dunia kerja, satu, dibutuhkan lebih banyak tenaga, waktu, dan biaya guna peningkatan keahlian si pekerja. Dua, agak sulit menumbuhkan sikap profesionalisme dalam diri si pekerja. Tiga, agak sulit mencapai produktivitas dan target perusahaan.

Penyebab terjadinya orang yang ”salah jurusan” pada intinya adalah adanya perbedaan antara hasrat yang menjadi tujuan hidupnya dengan jurusan yang diambil. Penyebabnya bisa karena paksaan orang tua, ikut teman, cari yang beasiswa alias gratisan, jalur khusus, tren, peluang kerja, atau sekedar gengsi dan prestise saja. Jika sudah begini, tidak sedikit mahasiswa yang kesulitan mengikuti pelajaran. Meskipun ada, hanya nilai yang menjadi tujuan utama. Bukan lagi karena minat dilandaskan pada hasrat atau gairah untuk mempelajari pengetahuan. Kalau sudah begini, jangan heran dengan banyaknya orang yang salah jurusan dan pengangguran terdidik.

Selain itu juga berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, pada Februari 2008, terdapat lebih dari 50 persen pengangguran yang berasal dari lulusan jenjang SMA-Universitas atau 4,5 juta dari 9,43 juta pengangguran. Sungguh suatu data yang mengejutkan. Karena itu berarti berapa banyak yang hal diboroskan dan pengorbanan dari orang dan instansi yang terkait sehingga tercipta setengah dari pengangguran ternyata berasal dari lulusan SMA hingga perguruan tinggi.

Pengangguran terdidik tercipta salah satu penyebabnya karena mereka memiliki mindset kalau ingin berpenghasilan ya harus menjadi seorang pegawai dari seseorang di suatu perusahaan. Meskipun ada alternatif lain, menjadi pengusaha misalnya, sungguh bagi mereka seperti sesuatu yang sulit untuk diraih. Menurut kami ini terkait dengan mental yang memang sudah terpatri kuat untuk HANYA menjadi pegawai saja dalam mendapatkan suatu penghasilan.

Ini menjadi keprihatinan tersendiri. Karena efek dari adanya pengangguran terdidik, akan menciptakan permasalahan sosial yang begitu kompleks dan ruwet. Beban mental bagi orang tersebut juga lebih berat dibanding pengangguran tidak terdidik. Itu tercipta akibat harapan sosial yang begitu tinggi terhadap mereka. Seperti perkataan masyarakat, ”Masak sarjana kok jualan bakso keliling!” atau, ”Disekolahin tinggi-tinggi kok ujung-ujungnya cuma jadi penyanyi di cafe.”

Dari dua data yang telah kami paparkan tersebut, menurut kami salah satu penyebabnya dan mungkin yang paling dominan adalah memiliki kaitan dengan potensi diri. Pertama, berkaitan dengan ketidaktahuan akan potensi diri mereka, dan kedua, berkaitan dengan pengaktualisasian potensi diri mereka yang terhambat.

Dalam pelatihan ini kita akan mempelajari bagaimana menggali potensi diri dan mengenali penghambat-penghambatnya. Selain itu juga membahas tentang memilih karir yang dahsyat. Dari situ diharapkan akan memudahkan kita dalam merancang masa depan yang cerah. Sehingga untuk meraih mimpi tidaklah sesuatu yang mustahil.

Pelatihan ini telah diselenggarakan sejak 2003 dengan pelaksanaan dibeberapa kota di Indonesia. Peserta terbanyak berasal dari kalangan pelajar SMA dan Perguruan Tinggi. Kerena ada beberapa pertanyaan yang tidak bisa mereka jawab, dan melalui pelatihan itu biasanya terjawab. Pertanyaan tersebut seperti, ”Nanti setelah lulus SMA mau melanjutkan ke kuliah jurusan apa?”, ”Nanti kalau selesai kuliah mau kerja dibidang apa?”, atau ”Kira-kira profesi apa yang bisa dijadikan pondasi dalam hidup kamu?” Tidak sedikit dari mereka yang menjawab, ”Lihat bagaimana nanti sajalah!”, ”Itu mah urusan gampang!”, ”Iya nih masih bingung euy!”, ”Tahu sih, tapi ga tahulah lihat nanti sajalah!”

LATAR BELAKANG
  1. Banyaknya siswa dan mahasiswa yang masih bingung akan melanjutkan ke mana setelah lulus.
  2. Terjadinya fenomena “salah jurusan” yaitu terdapatnya perbedaan antara jenis pekerjaan dengan jurusan pendidikan yang ditempuh.
  3. Kesenjangan antara supply and demand: jumlah pencari kerja lebih banyak dari pada jumlah lapangan pekerjaan.
  4. Kesenjangan antara kompetensi pencari kerja dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh pasar-kerja (mis-match).
  5. Masih adanya lulusan yang tidak terserap dunia kerja/berusaha mandiri karena tidak memiliki keterampilan yang memadai (unskill labour).
TUJUAN  UMUM
Dapat terwujud generasi muda Indonesia yang kreatif, berprestasi, mandiri dan sukses, secara intelektual, emosional, spiritual dan financial serta sejajar dengan bangsa-bangsa maju.

 TUJUAN  KHUSUS
1.    Mengidentifikasi potensi diri.
2.    Menganalisa potensi peluang kerja dan usaha sesuai dengan potensi diri.
3.    Merumuskan model dan strategi menggunakan potensi diri dan potensi peluang.

M A N F A A T
  1. Dapat mengetahui & mengelola potensi yang dimiliki.
  2. Mengetahui tentang karir/profesi jenis pekerjaan yang paling sesuai.
  3. Lebih mudah dalam meraih impian/cita-cita dan kesuksesannya.
  4. Membuat hidup lebih indah dan bermakna.

INDIKATOR HASIL
1.    Peserta dapat mengidentifikasi dan menganalisa potensi diri dan potensi peluang
2.    Peserta dapat melakukan model dan strategi mewujudkan potensi tersebut.

P E S E R T A
Peserta pelatihan sangat dianjurkan bagi kelas 3 SMA/sederajat dan/atau mahasiswa semester akhir. Karena biasanya dalam jenjang tersebutlah pertanyaan akan kemana setelah lulus begitu kencang. Tentu tidak menutup kemungkinan pada jenjang yang lain.

Jumlah peserta minimal berjumlah 50 orang.

MATERI DAN BAHASAN
  1. FIND YOUR DREAM CAREER: Dituntun para peserta oleh trainer untuk menemukan karir yang luar biasa melalui tahapan-tahapan penemuan karir berdasar dari buku MY POTENCY dan MY DREAM CAREER karya Endra K. Prihadhi terbitan Elex Media Komputindo-Kompas Gramedia Group.
  2. MERANCANG DAN MERAIH MIMPI: Bagaimana peserta dapat merancang dan meraih karier impian mereka sehingga selalu termotivasi untuk menjalani hidup.
  3. MOTIVASI PRESTASI: Memiliki motivasi yang kuat untuk meraih prestasi dalam hidup.

WAKTU & TEMPAT
Waktu                    : 6 (enam) jam efektif
Tempat                  : Ruang yang nyaman untuk proses training

BIAYA TRAINING
Rp. 6.000.000,- (enam juta rupiah) per-paket*
Harga diluar akomodasi dan transportasi trainer dan tim.
*Paket adalah dalam satu acara dalam satu waktu (satu hari) dan satu tempat dengan jumlah minimal peserta 50 orang.

METODE PELATIHAN
Metode yang kami terapkan dalam bentuk Edu-Tainment yaitu bagaimana belajar yang dikemas dengan cara menyenangkan melalui prinsip-prinsip metode pembelajaran terkini yang melibatkan Fisik, Logika, Emosi, dan Spiritual. Media yang digunakan untuk menunjang Edu-Tainment seperti musik, film, games, dan simulasi, dan slide show.

TRAINER 
TIM Instruktur SEMESTA INSTITUTE adalah para Trainer professional dalam mengembangkan potensi diri, kreativitas dan kemandirian siswa.

ENDRA K. PRIHADHI, adalah trainer yang telah lebih dari satu dekade bergelut dalam dunia pelatihan. Trainer yang menjadi trainer spesialis soft skills dan out bound ini, selain menjadi trainer utama dilembaganya sendiri, juga menjadi trainer associate di beberapa lembaga lainnya. Selain menjadi trainer dan penulis buku, pernah juga menjadi dosen di STMI Depperin RI, dosen di UNISMA Bekasi & kepala rumbel di Rumah Belajar CSR JICT Jakarta Utara. Sekarang penulis sedang mengelola lembaga SEMESTA Institute, lembaga yang mengelola pelatihan dan penulisan. Beliau memiliki hobby menulis, sudah 5 judul buku diterbitkan yaitu MY Potency (2008), Pawang Manusia (2008), Breaking Your Mental Block (2009), The Secrets of Pawang Manusia (2010), My Dream Career (2011) yang semuanya diterbitkan Elex Media Komputindo-Kompas Gramedia Group.

PENUTUP
Atas perhatian dan kerja samanya, kami ucapkan terima kasih.

SEMESTA Institute
Jakarta, 20 Februari 2013


Endra K. Prihadhi
Lead Trianer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar